Lombok merupakan sebuah kepulauan di Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang memiliki banyak Gili atau pulau kecil yang indah di dalamnya. Salah satu Gili yang terkenal sampai ke mancanegara yaitu Gili Trawangan. Keindahan alam yang memesona yang dimilikinya mampu menyihir perhatian banyak orang.

Pemerintah setempat juga terus melalukan pengenalan wisata di Lombok, salah satunya yatu branding wisata halal Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat yang mulai dikenal dunia. Baru-baru ini juga para pembalap MotoGP dunia, satu di antaranya yaitu Marc Marquez, saat ini sedang berlibur di Lombok dan menggemparkan para penggemar yang ramai diperbincangkan di laman media sosial. Hal tersebut secara tidak langsung menjadi promosi wisata itu tersendiri.

Dari upaya tersebut bisa kita lihat betapa besar usaha pengenalan wisata lokal pada dunia. Penasaran destinasi menarik apa saja yang ada di Lombok? Berikut rekomendasinya untuk kamu.

Gili Air

Gili Air Terletak di Gili Indah, Kecamatan Pamenang, Lombok Utara. Kamu dipastikan akan takjub dengan keindahan alam yang terpampang di sana. Pesona pantai yang indah dengan kekayaan biota laut juga bisa kamu rasakan dengan melakukan snorkeling.

Tak hanya itu, tempat ini juga memiliki fasilitas yang lengkap seperti tempat ibadah, WC, restoran, bar, sampai dengan hotel. Cocok untuk liburan bersama keluarga atau touring bersama sahabat. Biaya masuk dikenakan sebesar Rp50.000,- per orang.

Gili Meno

Gili selanjutnya yang tak kalah menawan yaitu Gili Meno. Berlokasi di Gili Indah, Kecamatan Pamenang, Lombok Utara ini tak kalah memesona. Pemandangan pantai yang indah dengan suasana yang tenang akan buat kamu merasa berada di pulau pribadi. Kamu bisa menikmati pemandangan sambil berjalan di pasir putih yang terhampar luas sambil sesekali memotret keindahan alam dengan kamera pocket terbaikmu. Aktivitas lainnya yang bisa kamu lakukan yaitu melihat penangkaran penyu dan spesies hewan lainnya di sini. Pesona unik dari pantai ini kemudian menuntunnya kepada penghargaan sebagai pantai terbaik di Indonesia dalam ajang TripAdvisor 2016. Jadi, untuk perihal keasrian dan keindahan alamnya tak perlu diragukan lagi. Biaya masuk ke tempat ini yaitu sebesar Rp50.000,- per orang.

Gili Nanggu

Gili Nanggu disebut-sebut sebagai tempat menyelam terbaik di Lombok. Pulau yang berada di Sekotong Barat, Sekotong Tengah, Lombok Barat ini menghadirkan suasana yang tenang dan nyaman. Keindahan pemandangan alam bawah lautnya buat siapa pun ketagihan untuk menyelam ke tempat ini lagi dan lagi.

Air lautnya yang bening serta ombak yang tenang membuat para wisatawan merasa aman dan nyaman saat menikmati liburan di sini. Harga tiket masuk ke tempat ini masih murah yaitu dibanderol harga sebesar Rp5000,- per orang.

Gili Kondo

Nama Gili Kondo merupakan nama baru yang diberikan oleh pengelola pulau, nama sebenarnya dari Gili ini ialah Gili Bagik. Tempat ini berlokasi di Labuhan Sangoro, Marongo, Kabupaten Sumbawa. Dikelola dengan baik oleh pengelola pulau, tempat ini tampak bersih dan terawat. Ditambah dengan air laut yang sangat jernih akan membuat kamu tertarik untuk melakukan snorkeling dan menjelajahi keindahan alam bawah laut.

Kamu bisa bebas mengunjungi tempat ini kapan pun dan selama apa pun karena tempat ini gratis alias tidak dipungut biaya sepeser pun. Kamu bisa ajak keluarga, sahabat, dan kerabat lainnya untuk menikmati liburan sepuasnya di sini.

Taman Wisata Pusuk Sembalun

Setelah disuguhi beberapa gili pilihan, Lombok juga memiliki keindahan pegunungan hijau yang patut kamu kunjungi. Tempat ini terletak di kawasan lereng Gunung Rinjani, Sembalun Bumbung, Kabupaten Lombok Timur.

Berada di ketinggian sekitar 1.250 dari permukaan laut, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan hijau pegunungan, bukit-bukit, persawahan yang menyegarkan mata. Kamu juga dapat menikmati pemandangan indah sekaligus menghirup udara yang sejuk dari gardu pandang yang telah disediakan.

Tempat ini cocok untuk kamu yang butuh ketenangan dan relaksasi diri sambil memandang lukisan alam yang luar biasa indahnya. Pengunjung dikenai biaya masuk sebesar Rp5000,- per orang.

Kawasan Pantai Tanjung Aan

Tempat wisata menarik di Lombok selanjutnya yaitu Pantai Tanjung Aan. Berlokasi di kawasan Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Dikelilingi oleh perbukitan hijau dan hamparan pasir putih serta air yang jernih dan biru, membuat pantai ini istimewa.

Menariknya lagi, pantai ini memiliki jenis pasir unik di dalamnya. Pasir di sekitar pantai memiliki tekstur yang lembut, sedangkan pasir di pesisirnya memiliki tekstur agak kasar mirip butiran merica. Pasir dengan tekstur seperti merica inilah yang menarik perhatian pengunjung. Pasalnya, dengan berjalan di atas pasir tersebut dengan telanjang kaki, bermanfaat dalam memperlancar peredaran darah dalam tubuh rutin berjalan di atas pasir tersebut dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Kegiatan lainnya yang bisa kamu lakukan di kawasan Pantai Tanjung Aan yaitu berselancar, berenang atau snorkeling. Untuk kamu yang ingin berlibur di sini beberapa hari, kamu bisa menemukan banyak tempat penginapan di sekitar pantai ini dengan harga yang bervariasi. Untuk masuk ke tempat ini pengunjung juga tidak dikenai biaya tiket masuk.

Nah, itulah dia tempat-tempat wisata menarik di Lombok yang menjadi favorit wisatawan. Lalu, bagaimana denganmu, sudah pernah mendatangi salah satunya?

Loading...